Thursday 4 July 2013

CARA BERBURU TUPAI/BAJING

Cara berburu Tupai / Bajing 


Tupai atau bajing adalah salah satu hama bagi penduduk desa,suka memakan buah kelapa,pete,jambu mete,rambutan,jambu air,dll Saya akan membagi sedikit tips gimana berburu tupai bisa sukses dan tentunya memuaskan. 


1.Lokasi dan waktu Lokasi menjadi faktor utama dalam misi berburu tupai. Pilihlah lokasi berburu di daerah pedesaan yang banyak pohon kelapa,banyak pohon bambu,banyak buah2an yang sering menjadi santapan si tupai.dan yang penting,pastikan lokasi anda dengan menanyakan penduduk skitar,apa tupai dilokasi tersebut banyak atau tidak dan sering ada yang berburu tupai dilokasi tersebut atau tidak.dan jika lokasi tersebut memang banyak tupai nya dan jarang di buru.berarti itu menjadi keberuntungan anda.karena perburuan anda pasti memuaskan. Waktu berburu juga sangat penting.usahakan sampai di lokasi tersebut pagi pagi sekali.dan kalo bisa masih petang.matahari baru nongol sdikit.karena tupai biasa kluar dari sarangnya pagi pagi skali.jadi jangan sampe terlambat. 


2.Menyetel scope (Zeroing) Sebelum brangkat berburu jangan lupa ya.setel scope dulu,bisa dari rumah sebelum brangkat atau ketika sudah sampai lokasi.tapi terkadang dari rumah sudah di steell ok tapi sampai di lokasi stelan brubah lagi.itu semua tergantung kwalitas senapan,mounting,dan scope anda.jadi ya harus sering zeroing kalo belum yakin sama senjata anda.


 3.Alat pemanggil tupai (squirrel call) Alat bantu pemanggil tupai ini sangat ampuh,karena bunyinya yang sangat mirip dengan suara tupai,dan ketika si tupai tak terlihat oleh mata kita,dan kita bunyikan alat tersebut si tupai akan mendekat dan ikut bersuara.kalo dilokasi tsb banyak tupainya,pasti asyik deh,soalnya si tupai pada nongol smua,tinggal eksekusi satu persatu..door dorr dorr..dan itu tentunya sangat membantu kita untuk mempermudah mendapatkan hasil buruan yg maksimal. Squirrel call bisa di dapat dengan cara membeli di toko2 senapan,atau di toko toko online di internet. Kalau saya.hanya memakai plastik bening yang tipis.dengan cara ditempelkan di sisi mulut luar yang atas,lalu di sedot kedalam sekencang mungkin.suaranya. Cciieett,cciieeet,begitulah kira kira suaranya seperti suara anak tupai yang mencari induknya.silahkan dicoba.memang agak susah untuk membunyikannya tapi,saya jamin,hasilnya lebih memuaskan.


 4.Ketajaman mata. Sering kali para pemburu dibuat pusing dengan tinggkah laku tupai saat melarikan diri ketika kita mengejarnya atau miss ketika kita tembak. Tupai memang sangat lincah dan sangat mahir sembunyi,tapi kita jangan sampai kalah sama tupai.mudah saja mencarinya.kita liat dulu lokasinya.kalo tupai sedang berada di pohon kelapa.tupai biasanya sembunyi di pucuk pohon.ditengah tengah diantara dua daun kelapa yang tumbuh keatas.caranya, pakek alat pemanggil tupai yg tadi.bisa pakek squirrel call ,klo belum ada alat pemanggil ketok aja pohon kelapa dengan batu yang besar,tunggu sebentar,situpai pasti keluar.klo g kluar ketok lg lebih kenceng,klo masih g kluar,ya mending cari tupai yg laen aja.hehehehehe Kalau tupai lagi di pohon bambu.bisanya larinya kadang ke atas pucuk pohon.kadang kebawah yg sangat rimbun kalo lari kebawah pakek cara di panggil dgn alat bantu,kalo ke atas.kita liat dulu.larinya keatas ke sebelah mana..biasanya lari keatas cari tempat yang rimbun buat sembunyi.pake alat pemanggil lagi.bisanya kalo tupai masih takut nongol.si tupai hanya menggerak2kan ekornya saja.jadi harus bener2 jeli melihat lihat dimana posisi tupai sebenarnya.kalo si tupai nongol.. Tinggal di doorrr aja.. Pada siang hari,tupai lebih sering tidur dan jarang terlihat melembang lembang di pepohonan..jadi kalo siang hari,targetnya cuma ngintip(nyanggong) dimana biasa tupai tidur.. Biasanya tupai tidur di sarang atau di pohon bambu..skali lagi,pakek ketajaman mata kita untuk mencari cari dimana posisi tupai berada.

 5.Stamina Stamina juga sangat penting,karena medan nya saat berburu tupai itu naik turun,kadang juga panas panasan,jadi jaga baik2 stamina sebelum berburu tupai.atau kalau pas di kebun kelapa bisa juga tu buah kelapa buat penambah stamina kita.tp bilang dulu ya sama pemilik  nya..jgn nyolong. Sedikit tips dan trik dari saya,smoga bermanfaat buat para pemburu tupai.kalau ada usul dan saran silahkan komen.. Kalau punya spot yg bagus boleh juga di share disini..
Salam..satu hobi..menembak dan berburu...


                                                                                        MHCL (Metro Hunting Club)

No comments:

Post a Comment